Begini Pedoman Pelaksanaan Salat Iduladha dan Penyembelihan Hewan Kurban dari MUI Kabupaten Bandung

- 9 Juli 2020, 10:47 WIB
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) MUI Kabupaten Bandung, Aam Muammar.*
Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) MUI Kabupaten Bandung, Aam Muammar.* /BUDI SATRIA/PRFM

PRFMNEWS - Kurang dari sebulan, umat islam akan merayakan hari raya iduladha. Sebagaimana diketahui, selain melaksanakan ibadah salat id, umat islam pun akan melaksanakan ibadah penyembelihan hewan kurban.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, iduladha tahun ini sama dengan idulfitri kemarin, digelar di tengah pandemi covid-19. Dengan demikian, ada beberapa aturan yang harus diatur agar tak menimbulkan penyebaran covid-19.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) MUI Kabupaten Bandung, Aam Muammar mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan surat edaran terkait pedoman pelaksanaan ibadah di hari raya iduladha tahun ini. Surat edaran ini berisi tentang panduan ibadah di hari raya iduladha yang disesuaikan dengan hasil pertemuan dengan Pemkab Bandung.

Baca Juga: Agar Ada Physical Distancing, Perusahaan Karoseri Bus ini Ciptakan Konfigurasi Tempat Duduk 1-1-1

"Beberapa waktu yang lalu kami diundang oleh Pemkab Bandung untuk berdiskusi tentang persiapan pelaksanaan ibadah kurban di tahun ini, dan akhirnya keluar surat edaran yang memberikan panduan kaum muslimin di Kabupaten Bandung berkaitan dengan pelaksaan ibadah kurban tahun ini," kata Aam saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis 9 Juli 2020.

Dalam surat edaran tersebut mengatur bagaimana pelaksanaan salat id dan juga pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dan pembagian daging kurban.

"Untuk pelaksanaan salat kami minta supaya tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, pemeriksaan suhu tubuh penyemprotan disinfektan dan penyediaan hand sanitizer bagi masyarakat yang khendak salat," jelas Aam.

Baca Juga: DPR Sambut Baik Pengendalian Harga Tertinggi Rapid Test yang Dilakukan Pemerintah

Jika kesulitan dalam menerapkan protokol kesehatan, Aam sebut, warga tetap bisa melaksanakan ibadah salat id di rumah masing-masing sebagaimana telah dilakukan pada idulfitri kemarin.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x