Corona Ubah Tren Kafe di Bandung, Mulai dari Kopi, Menu Jamu dan Makanan Sehat

- 5 Juli 2020, 19:00 WIB
ILUSTRASI jamu.*
ILUSTRASI jamu.* /PIXABAY

PRFMNEWS – Saat ini kafe yang identik dengan penyajian kopi sudah menjajal menu baru, seperti jamu, dan makanan sehat. Hal itu dilakukan untuk beradaptasi di masa pandemi Covid-19 yang ternyata berdampak juga pada dunia kuliner.

Salah satu kafe di Bandung, Loko Café sudah menerapkan konsep tersebut. Kafe yang berlokasi di Stasiun Bandung, Jalan kebon Kawung, itu, kini menyajikan menu-menu sehat yang saat ini tengah dilirik banyak orang.

Antara lain aneka ayam dari Mba Liez, Mas Budi, dan Mbah Surojo, aneka healthy food, aneka jamu dalam kemasan ready to go, serta sambal asap yang menjadi ciri khas Restoran kereta api (reska).

Baca Juga: LIPI Ragu Kalung Eucalyptus Buatan Kementan Bisa Bunuh Virus Corona

Junior Manager Cafe and Catering PT RMU, Dewi Eko, mengatakan jamu dalam kemasan yang siap minum mulai mendapat tempat di hati pelanggan.

Ini karena kebutuhan untuk menjaga imunitas tubuh salah satunya bisa didapat dari mengonsumsi rempah-rempah yang banyak khasiat untuk kesehatan.

"Variannya antara lain ada jamu empon-empon, jamu jahe, temulawak, beras kencur, atau bratawali. Untuk varian healthy food kami punya banyak menu seperti vietnam roll, grill dory white sauce, atau tuna fillet with tartar sauce. Kami buat menu-menu tersebut dengan bahan-bahan yang menyehatkan serta pembuatannya lebih banyak dipanggang atau kukus daripada digoreng," kata Dewi.

Baca Juga: Bikin Geleng-Geleng, Akibat Diduduki Warga Dock Shelter Boseh di Alun-Alun Patah

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiran Rakyat dengan judul “Identik dengan Kopi, Menu Jamu dan Makanan Sehat Jadi Tren Kafe di Bandung

Seluruh menu ini dapat dipesan di aplikasi dan diantar dengan mitra delivery online.

Setelah soft launching pada akhir tahun lalu, anak perusahaan PT KAI (Persero) yaitu PT Reska Multi Utama membuka secara resmi coffee shop atau tempat ngopi ke-9 dari 12 kafe yang sudah berdiri.

Grand launching Loko Cafe dilangsungkan bertepatan dengan HUT PT RMU ke-17, Kamis, 2 Juli 2020. Turut hadir Direktur Utama PT KAI (Persero), Didiek Hartantyo.

Seperti Loko Cafe lainnya yang sudah berdiri, di tempat ngopi ini terdapat replika gerbong barang sebagai interior bangunan. Juga mempunyai genta serta meja dan kursi di bagian luar kafe yang terbuat dari bekas bantalan rel kereta api.

Baca Juga: Hasil Swab Test Keluar Dalam Waktu Dekat, Persib Bandung Siap Berlatih Kembali

Menurut Manager Marketing Communication and Event Orginaizer PT RMU, Decil Christianto, dalam menghadapi era new normal Loko Coffee Shop Bandung memperkenalkan metode pemesanan pay on table.

Jadi, pengunjung yang datang dapat melakukan pemesanan dari tempat duduk melalui scan barcode dari aplikasi Lokomart yang dapat didownload melalui Google Playstore.

Dia menjelaskan, inovasi yang dikembangkan di Loko Coffee Shop Bandung adalah berupa metode pemesanan contactless melalui aplikasi Lokomart.

"Jadi, cashless yang sejalan dengan upaya pemerintah menekan laju dari pandemi ini," katanya. (Eva Fahas/Pikiran Rakyat)*

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x