Mulai Besok, KA Turangga Relasi Bandung-Surabaya Gubeng Kembali Beroperasi

- 2 Juli 2020, 20:03 WIB
Ilustrasi kereta api (KA).*
Ilustrasi kereta api (KA).* /PRFM

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 Bandung bakal kembali mengoperasikan KA Turangga mulai Jumat 3 Juli besok.

Pengoperasian kembali KA Turangga ini dilakukan untuk melayani masyarakat yang ingin bepergian jarak jauh dengan menggunakan KA.

Demikian disampaikan Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Kamis 2 Juli 2020.

"Kami operasikan KA Turangga dengan protokol kesehatan," kata Noxy.

Baca Juga: Oknum Karyawan Starbucks yang Intip Pengunjung Lewat CCTV Sudah Dipecat

Noxy mengatakan, ada dua rangkaian KA Turangga yang bakal beroperasi, yakni KA Turangga relasi Bandung-Subaraya Gubeng, dan KA Turangga relasi Bandung-Gambir.

Adapun jadwal keberangkatan dari Stasiun Bandung untuk KA Turangga tujuan Surabaya Gubeng adalah pukul 18.05 WIB.

Sedangkan KA Turangga relasi Bandung-Gambir dijadwalkan berangkat pukul 06.05 WIB.

"KA Turangga ini untuk awal-awal hanya beroperasi tiap akhir pekan saja, Jumat, Sabtu dan Minggu," katanya.

Baca Juga: Tidak Hanya Saat Pandemi Corona, Mendikbud Sebut Pendidikan Jarak Jauh Bisa Permanen

Sebelumnya, KAI Daop 2 Bandung juga sudah mengoperasikan kereta api jarak jauh lain yaitu KA Kahuripan relasi Stasiun Kiaracondong-Blitar, dan KA Serayu Pagi relasi Kiaracondong-Purwakarta.

Pengoperasian kembali KA jarak jauh ini mengacu pada Surat Edaran (SE) Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Nomor 14 Tahun 2020.

Surat itu berisi tentang pedoman dan petunjuk teknis pengendalian transportasi perkeretaapian dalam masa adaptasi kebiasaan baru.

"Persyaratannya penumpang harus dalam kondisi sehat, suhu tubuh tidak lebih dari 37,5 derajat celsius, memakai masker dan pakaian lengan panjang. Untuk KA jarak jauh ditambah dengan menyertakan surat bebas Covid-19, dan kalau menuju ke Jakarta harus menunjukkan SIKM," katanya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x