Napak Tilas Radio Hoso Kyoku, Radio Penyebar Kabar Kemerdekaan RI dari Bandung, Kini Jadi Gudang Industri

- 13 Agustus 2022, 08:04 WIB
Radio Hoso Kyoku milik Jepang yang berlokasi di Jalan Lapangan Tegallega Timur
Radio Hoso Kyoku milik Jepang yang berlokasi di Jalan Lapangan Tegallega Timur /Humas Bandung

 

PRFMNEWS - “Di sini Bandung, siaran Radio Republik Indonesia…” Kalimat ikonik bagi Radio Republik Indonesia (RRI) itu pertama kali mengudara di Radio Hoso Kyoku milik Jepang yang berlokasi di Jalan Lapangan Tegallega Timur atau kini dikenal Jalan Mohammad Toha Dalam II, Kota Bandung.

Sejarah mencatat, di Studio Radio Hoso Kyoku Bandung inilah, kabar kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17 Agustus 1945 pertama kali diucapkan oleh salah seorang pemuda radio Bandung sekaligus pimpinan siaran Radio Hoso Kyoku (cikal bakal RRI Bandung), R. A Darja.

Kini, lokasi Radio Hoso Kyoku Bandung ini telah berubah wajah menjadi gudang penyimpanan keju. Sedangkan halaman depan radio penyebar kabar kemerdekaan RI dari Bandung itu sudah menjadi Gereja Kristen Immanuel Jemaat Gloria.

Baca Juga: Info 39 Lokasi Vaksin di Kota Bandung Pada Hari ini Sabtu, 13 Agustus 2022

Sehari-hari, lokasi Radio Hoso Kyoku yang saat ini dikenal sebagai salah satu pusat industri di kawasan Tegallega, Kota Bandung ini penuh dengan hilir mudik truk-truk berukuran besar yang mengantar pesanan paket ekspedisi.

Jika napak tilas ke masa lalu, setelah R. A Darja, ada pemuda radio lainnya bernama Sakti Alamsyah membacakan teks proklamasi untuk disiarkan ke penjuru dunia melalui siaran di Studio Radio Hoso Kyoku ini tepat pada 77 tahun silam.

Pergerakan ini dimulai sejak Mei 1945 dalam Kongres Pemuda Seluruh Jawa di Kota Bandung dengan agenda membahas upaya persiapan Proklamasi Kemerdekaan.

Baca Juga: Pengelola Kebun Binatang Bandung Koreksi Sejarawan Soal Sejarah Berdirinya Kebun Binatang di Bandung

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x