Bedah Medis dengan Bantuan Robot Mulai 2025, Salah Satunya di RSHS Bandung

- 2 Juli 2022, 09:45 WIB
Tangkapan layar ilustrasi robotic surgery di RS Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat. ANTARA/Andi Firdaus
Tangkapan layar ilustrasi robotic surgery di RS Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat. ANTARA/Andi Firdaus /

PRFMNEWS – Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Hasan Sadikin atau RSHS Bandung berencana terapkan layanan operasi bedah jarak jauh melalui bantuan alat robotik (robotic surgery) mulai tahun 2025 mendatang.

Cara pembedahan pada operasi jarak jauh dengan bantuan alat robotik yang akan diterapkan di RSHS Bandung ini diklaim miliki kelebihan atau keunggulan dibandingkan tangan dokter bedah langsung.

Rencana penerapan layanan operasi bedah jarak jauh melalui bantuan alat robotik paling lambat mulai 2025 ini disampaikan Dokter Ahli Bedah Robotik RSHS Bandung Reno Rudiman.

Baca Juga: Klarifikasi RSHS Bandung Terkait Video Viral Pasien Meninggal Dunia: Oksigen yang Diberikan Tidak Habis

"Platformnya sudah disiapkan. Praktik nyata pembedahan jarak jauhnya belum, karena baru pada 2024 - 2025 ditargetkan bergulir," katanya, dikutip prfmnews.id dari laman ANTARA pada Jumat, 1 Juli 2022.

Reno menjelaskan, cara pembedahan melalui bantuan alat robotik ini dikendalikan menggunakan console di tangan dokter bedah, maupun remote control jarak jauh.

Menurutnya, robotic surgery sangat potensial untuk melakukan telesurgery atau pembedahan jarak jauh, di mana lokasi operator dapat berjauhan dengan lokasi pasien berada.

Baca Juga: Melalui Karla Bionics, Pertama Kalinya Indonesia Juara Kompetisi Pengembangan Teknologi Alat Bantu Difabel

Kelebihan dari robotic surgery ada pada akurasi gerakan yang lebih presisi saat melakukan bedah luka operasi kecil, sehingga nyeri usai bedah bisa ditekan seminimal mungkin.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x