Menjelang Idul Adha, 157 Petugas DKPP Kota Bandung Turun untuk Memeriksa Proses Penyembelihan Hewan Kurban

- 1 Juli 2022, 19:40 WIB
Wali Kota Bandung cek kondi hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha 2022.
Wali Kota Bandung cek kondi hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha 2022. /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS - Menjelang Idul Adha yang jatuh pada 10 Juli 2022, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung melatih 780 petugas Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) yang menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban di masjidnya masing-masing.

Melalui kegiatan tersebut, para petugas DKM dilatih cara memotong hewan kurban yang benar dan memilih daging yang baik.

Selain itu, Kepala Bidang Keamanan Pangan DKPP Kota Bandung yakni drh. Ermariah menyebutkan, sebanyak 157 petugas dari DKPP akan turun langsung ke lapangan pada hari raya Idul Adha sampai hari tasyrik untuk memeriksa posmortem atau pasca penyembelihan.

Baca Juga: Jarang Diketahui, Sering Buang Kecil Malam Hari Jadi Disebabkan Beberapa Penyakit ini, Salah Satunya Diabetes

"Selama empat hari, ada 91 petugas ASN dan 66 petugas non-ASN yang menyebar ke 30 kecamatan di Kota Bandung untuk memeriksa posmortem hewan kurban," kata Erma dikutip prfmnews.id dari keterangan resmi Pemkot Bandung pada Jumat, 1 Juli 2022.

Erma mengatakan, bahwa kita akan mengusahakan sebanyak mungkin untuk keliling memeriksa lokasi-lokasi penyembelihan hewan kurban.

Selain itu, dirinya dan petugas akan menentukan layak atau tidaknya daging dikonsumsi, serta perlu melihat dari pemeriksaan sebelum dipotong atau antemortem. Kemudian baru dilihat dari proses penyembelihannya.

Baca Juga: Inovasi Bapenda Terkait Potensi Pendapatan Daerah Ditagih Oleh DPRD Kota Bandung

Sementara itu organ-organ dalam lainnya, seperti jeroan dan tulang juga memengaruhi kualitas daging. Setelah itu, baru bisa diputuskan apakah daging tersebut layak konsumsi atau harus dimusnahkan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x