Update Perkembangan Exit Tol Gedebage, Begini Kata Sekda Kota Bandung

- 29 Juni 2022, 14:01 WIB
Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna
Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna /TOMMY RIYADI/PRFM


PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya mempercepat pembukaan gerbang tol KM 149 Gedebage. Kabar terbaru, berkenaan dengan kelengkapan administrasi sudah secara bertahap diselesaikan.

Sekretaris Daerah (Sekda) kota Bandung, Ema Sumarna menjelaskan, pihaknya sudah menggelar rapat bersama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait penetapan lokasi.

"Kita sudah rapat sama-sama dengan pihak BPN, semua sudah dalam proses saling melengkapi ya. Mereka (BPN) untuk bisa kita menghadirkan dan menyelesaikan penlok kan ada tuh berkas yang memang harus dimintakan, dan dipenuhi pihak Bina Marga Provinsi dan itu sudah dipenuhi," jelas Ema ditemui di Balaikota Bandung, Selasa 28 Juni 2022.

Baca Juga: Meski Terbentur Kendala, Pemkot Bandung Pastikan 2 Lokasi Exit Tol Gedebage KM 149 Sudah Ditetapkan

Ema menambahkan, pihak BPN sudah tidak lagi bersikukuh mengenai penetapan lokasi dari 2 tetap harus 5 persyaratan yang sedianya harus dipenuhi. Dikarenakan tiga syarat lainnya status lahan milik pemerintah, maka pembebasan lahan milik masyarakat jadi prioritas.

"Kalau yang ini kita selesaikan yang berkaitan dengan lahan masyarakat. Nah, itu saya dapat laporan juga dari pa Asisten satu, itu sekarang sudah dipenuhi, mudah-mudahan sudah tidak ada lagi sedikit misunderstanding lah ya antara BPN dan Bina Marga Provinsi," beber Ema.

Selanjutnya, kata Ema, Pemkot Bandung tengah berupaya melakukan dorongan kepada Pemprov Jabar, untuk menjadwalkan pembahasan anggaran pembebasan lahan. Kewenangan pembebasan lahan ada di Pemprov Jabar untuk akses dua jalan, baik Gedebage maupun Cimincrang.

Baca Juga: Usai Libur Lebaran, Gedung KIR Gedebage Dipadati Kendaraan

Baca Juga: Heboh Terdengar Suara Ledakan Kencang di Gedebage dan Sapan, Penyebabnya Kebakaran Gudang Buku di Sapan

"Karena pembangunan jembatan pun disana yang menghubungkan konektivitas antara summarecon dan cimincrangrang, itu kan saya dengar pemenangnya sudah ada. Saya rasa artinya itu program harus sudah berjalan dan itu kerjaan di provinsi," kata Ema.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x