Konsumen Pertalite dan Biosolar Wajib Pakai MyPertamina, Ini Tanggapan Legislatif

- 28 Juni 2022, 17:38 WIB
Ilustrasi pembelian BBM Pertalite
Ilustrasi pembelian BBM Pertalite /Antara/Akbar Nugroho Gumay

PRFMNEWS - Pemerintah berencana melakukan uji coba penggunaan aplikasi My Pertamina, bagi konsumsen BBM jenis Pertalite dan Biosolar mulai 1 Juli nanti. Meski begitu, sejumlah catatan penting menjadi sorotan.

Anggota Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) DPR-RI, Ahmad Najib Qodratullah mengatakan, upaya pemerintah dalam mengendalikan sasaran penerima subsidi BBM perlu mendapat apresiasi. Meski demikian, ia memberikan sejumlah catatan penting yang harus diperhatikan Pemerintah.

"Hanya ada beberapa catatan, bahwa masyarakat miskin terkendala dengan kepemilikan gadget sebagai sarana aplikasi My Pertamina. Perlu juga diberi kemudahan dengan sarana yg lebih terjangkau," jelas Najib saat dihubungi, Selasa 28 Juni 2022.

Baca Juga: Link Daftar Beli Pertalite dan Solar Serta Cara Mendaftar di MyPertamina yang Berlaku Mulai 1 Juli

Najib menambahkan, masyarakat yang menjadi sasaran subsidi BBM namun tidak memiliki perangkat pengakses aplikasi My Pertamina, harus dipikirkan jalan keluarnya. Belum lagi, tidak semua gadget memenuhi spesifikasi aplikasi tersebut.

"Artinya bagaimana dengan masyarakat pengguna yang berhak mendapatkan subsidi tersebut apabila tidak memiliki gadget, perlu dipikirkan juga. Intinya, jangan bebani masyarakat dengan sesuatu yang memberatkan," tandas Najib.

Berkenaan dengan kekhawatiran keamanan data masyarakat dalam aplikasi My Pertamina, Najib pun tidak menepis kekhawatiran tersebut. Menurutnya, perihal ini Pemerintah memang kerap kali bermasalah.

Baca Juga: Mulai 1 Juli Daerah di Jabar Ini Beli Pertalite Pakai QR Code MyPertamina, Kota Bandung Masuk

"Belum dengan hal kaitan keamanan data yang sampai hari ini masih sering menjadi masalah, pemalsuan data dan sebagainya. Ini penting dan harus jadi perhatian serius," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x