Flyover Samsat Kiaracondong Siap Dibangun Pada 2024, Ini Syaratnya

- 6 Juni 2022, 14:15 WIB
Ilustrasi flyover
Ilustrasi flyover /PRFM

PRFMNEWS - Setelah pembangunan flyover Kopo selesai dan segera dioperasikan pada bulan Agustus mendatang, giliran flyover Kiaracondong - Buah Batu segera dibangun.

Jalan layang dengan panjang sekira 4 kilometer yang membentang menjelang simpang Ibrahim Adjie (Kiaracondong) - Soekarno-Hatta, hingga menjelang simpang Moh. Toha - Soekarno Hatta tersebut, bisa dimulai pembangunannya pada tahun 2024 mendatang.

Meski demikian, pembangunan konstruksi akan bisa lebih awal dimulai jika pembebasan lahan yang jadi tanggungjawab Pemprov Jabar dan Pemkot Bandung telah rampung sepenuhnya.

Baca Juga: Jabat Wali Kota Bandung, Yana Mulyana Fokus Bangun Infrastruktur Mulai Flyover Kircon-Bubat hingga LRT

"Yang Kircon itu masih review, jadi mereka (Komisi V DPR-RI) memberikan catatan agar dibereskan dulu pengadaan lahanya. Kan itu komitmen antara provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung, Jabar 80 persen 20 persenya kota Bandung," ungkap Ketua DPRD kota Bandung, Tedy Rusmawan saat ditemui di kawasan Batununggal, Senin 6 Juni 2022.

Tedy menambahkan, pada dasarnya Pemkot Bandung siap mensupport kepentingan pembebasan lahan tersebut. Pihaknya pun meminta Wali Kota Bandung untuk segera membuka kembali komunikasi dengan Pemprov Jabar mengenai masalah ini.

"Kita kota Bandung siap untuk mensuport itu tinggal provinsinya, nah kalau itu sudah ini, akan segera di anggarkan pemerintah pusat. Sebetulnya 2 tahun lalu sudah di anggarkan, cuma belum tuntas soal pengadaan lahan karena pandemi akhirnya tertunda. Makanya sekarang harus segera dilakukan komunikasi antara Pemerintah Kota dan Provinsi," jelas Tedy.

Baca Juga: Kota Bandung Ungkap Rencana Pembangunan Flyover Samsat Kircon - Buah Batu

Dalam referensi Tedy, anggaran untuk pembebasan lahan tersebut sebesar Rp300 miliar. Dengan komitmen 80 persen Pemprov dan 20 persen Pemkot, maka kota Bandung mendapat beban anggaran tersebut sekira Rp60 miliar.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x