Sejarah Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, Pembuktian Negara 2 Benua yang Berbeda

- 18 April 2022, 20:10 WIB
Persiapan Kota Bandung menyambut peringatan Konferensi Asia Afrika Tahun 2022.
Persiapan Kota Bandung menyambut peringatan Konferensi Asia Afrika Tahun 2022. /Diskominfo Kota Bandung.


PRFMNEWS - Konferensi Asia Afrika (KAA)yang diadakan di Bandung 67 tahun yang lalu merupakan acara besar yang pernah diinisiasi oleh Indonesia sebagai negara yang baru 10 tahun memperoleh kemerdekaan.

Diadakan di tengah kondisi krisis pasca usainya perang dunia kedua, KAA hadir untuk meredakan ketegangan yang banyak terjadi diberbagai negara di Eropa dengan lahirnya blok barat dan blok timur.

Selain itu, masih banyaknya negara di kawasan Asia dan Afrika yang belum merdeka menjadi salah satu tujuan konferensi ini diadakan.

Baca Juga: 109 Bendera Negara Asia Afrika Dikibarkan dalam Rangka Peringatan Konferensi Asia Afrika

Walaupun saat itu sudah ada Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) tapi kehadirannya belum banyak dirasakan oleh banyak negara yang ada.

Konferensi Colombo, cikal bakal ide Konferensi Asia Afrika

Pada tanggal 28 April - 2 Mei 1954 diadakan pertemuan 5 negara untuk membahas kondisi yang ada, termasuk Indonesia yang dihadiri oleh Perdana Menteri Ali Sastroamidjojo.

Presiden Soekarno saat itu menitipkan pesan kepada Ali Sastroamidjojo untuk mengadakan suatu konferensi yang lebih besar.

Baca Juga: Begini Persiapan Kota Bandung Menyambut Peringatan Konferensi Asia Afrika Tahun Ini

Ide Soekarno merupakan keinginan 30 tahun yang tertunda untuk membangun soliditas di antara negara-negara Asia dan Afrika.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x