Yana Dilantik Wali Kota Bandung Definitif Tanpa Wakil, Gerindra Pastikan Jaga Koalisi dengan PKS

- 18 April 2022, 19:50 WIB
Yana Mulyana saat dilantik sebagai Wali Kota Bandung hari ini Senin, 18 April 2022.
Yana Mulyana saat dilantik sebagai Wali Kota Bandung hari ini Senin, 18 April 2022. /Diskominfo Kota Bandung.


PRFMNEWS - Yana Mulyana akhirnya dilantik menjadi Wali Kota Bandung sisa masa bakti periode 2018-2023 pada hari ini, Senin 18 April 2022.

Menanggapi kadernya yang menjadi orang nomor satu di Bandung ini, Gerindra memastikan bakal menjaga komitmen koalisi bersama PKS Kota Bandung.

Meskipun salah satu bagian komitmen koalisi yang dibentuk sejak Pilwalkot 2018 tinggal menyisakan Yana Mulyana di kursi kepemimpinan Pemkot Bandung, Gerindra menjamin tetap sejalan dengan PKS, khususnya di DPRD Kota Bandung.

Baca Juga: Terungkap Ini Pria Bawa Map Biru yang Ditangkap karena Interupsi Pelantikan Wali Kota Bandung Yana Mulyana

"Saya tentu menjaga betul hubungan Gerindra-PKS ini, ya. Karena komitmen bersama ini bukan hanya soal siapa yang memimpin, tetapi bagaimana memperjuangkan ide bersama untuk membenahi Kota Bandung," kata Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bandung Ade Supriadi selepas acara pelantikan, Senin 18 April 2022.

Seperti diketahui, Wali Kota Bandung Oded M Danial wafat saat menjalani tugasnya, menjelang akhir 2021. Posisi Yana yang secara otomatis naik menjadi wali kota tidak dibarengi dengan pengisian kembali wakil wali kota.

Aturan pengajuan wakil wali kota yang seharusnya diisi kader PKS tidak terwujud karena melampaui masa tenggat dalam prosesnya. Padahal DPRD Kota Bandung telah menetapkan rangkaian tahapan pengajuan sesuai aturan dan waktu yang tercantum dalam Undang-Undang.

Baca Juga: Ingin Persib Main di GBLA, Pesan Ketua DPRD untuk Yana Mulyana: Juli 2022 Proses Lelang Harus Segera Tuntas

Baca Juga: Tegaskan Kembali Sanksi Bagi ASN Mudik Pakai Mobil Dinas, Yana Mulyana : Potong Tunjangannya !

Meski begitu, Ade meyakini proses demokrasi di Kota Bandung akan berjalan semestinya. Posisi Partai Gerindra dan PKS di kursi dewan masih mampu menjalankan fungsinya dalam mengawal kebijakan yang digulirkan Yana Mulyana.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x