Jalan Layang Pasupati akan Ganti Nama Menjadi Ini

- 23 Februari 2022, 14:30 WIB
Flyover Pasupati akan berganti nama.
Flyover Pasupati akan berganti nama. /HUMAS BANDUNG


PRFMNEWS - Jalan Layang Pasupati akan segera berganti nama menjadi Jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja, usulan ini sudah disetujui Kementerian PUPR.

Usulan perubahan nama Flyover Pasupati menjadi Jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja adalah bentuk apresiasi masyarakat khususunya Jawa Barat dan Kota Bandung atas kiprah yang sudah ditorehkan almarhum Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja.

Prof. Mochtar Kusumaatmadja merupakan sosok yang sangat berjasa bagi Unpad maupun Indonesia secara keseluruhan. Guru Besar Fakultas Hukum Unpad sejak 1970 ini menjabat sebagai Rektor pada 1973-1974.

Baca Juga: Jalan Tol Terpanjang Se-Indonesia dalam Pengerjaan, Ridwan Kamil Minta Doa Warga

Salah satu torehan terbesar Prof. Mochtar Kusumaatmadja terhadap Indonesia adalah gagasannya mengenai Wawasan Nusantara.

Berawal dari gagasan batas teritorial laut Indonesia pada 1957 melalui Deklarasi Djuanda, konsep Wawasan Nusantara akhirnya diakui konstitusi internasional atas konsistensi perjuangan Prof. Mochtar di tingkat PBB pada 1982. Perjuangan ini dilakukan Prof. Mochtar selama hampir 25 tahun.

Rencananya, peresmian nama Jalan Prof Dr. Mochtar Kusumaatmadja tersebut digelar dalam waktu dekat.

Baca Juga: Pemerintah Restui Flyover Pasupati Dinamai Jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja

"Dengan hadirnya nama Jalan Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja ini sebagai langkah untuk memenuhi persyaratan pengusulan pahlawan nasional, yaitu adanya monumen/artefak berupa gedung/jalan, dan sebagainya di daerah pengusul," ujar Ketua TP2GD Jabar, Dewi Sartika.

Sementara itu Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menuturkan, pengusulan gelar pahlawan Prof. Mochtar Kusumaatmadja telah melalui jalan panjang.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x