DLH Kabupaten Bandung Akui Kendala Pengangkutan Sampah Harian

- 25 Januari 2022, 16:50 WIB
Ilustrasi tumpukan sampah di Kabupaten Bandung.
Ilustrasi tumpukan sampah di Kabupaten Bandung. /BUDI SATRIA/PRFMNEWS


PRFMNEWS - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mengakui adanya kendala pengangkutan sampah harian yang dihasilkan masyarakat.

Pasalnya, setiap harinya ada 1.268 ton sampah yang dihasilkan masyarakat dan hanya mampu terangkut 300 ton.

Alasannya karena kekurangan armada, sebab hanya ada 109 unit armada yang tersedia dari idealnya 750 unit armada pengangkut sampah di Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Viral! Saat Blusukan, Sahrul Gunawan Terperosok Ke Tumpukan Sampah

"Artinya, sekitar 23 persen sampah belum tertangani karena terkendala armada," kata Kepala DLH Kabupaten Bandung, Asep Kusumah dalam rilisnya, Selasa 25 Januari 2022.

Selain keterbatasan armada, Asep menjelaskan, dari 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung ini dilayani oleh 4 Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pengelolaan sampah, yang masing-masing melayani 7 hingga 8 kecamatan.

“Kita memang terkendala armada. Jadi setiap harinya 109 armada hanya bisa mengangkut sampah 280-300 ton per hari. Bukan itu saja kondisi TPA Sarimukti yang sudah overload, mengakibatkan antrian panjang truk pengangkutan sampah dari masyarakat se Bandung Raya,” ungkapnya saat dikonfirmasi, Selasa 25 Januari 2022.

Baca Juga: Viral Warga Buang Sampah Sembarangan di Sukajadi Bandung, Ini Ancaman Hukuman bagi Para Pelakunya

Sementara, mengenai tumpukan sampah di pasar sehat Cileunyi, pihaknya tengah melakukan koordinasi mengenai pengangkutan dan giat opsih yang bekerjasama dengan pengelola pasar.

Pengelolaan sampah di daerah tersebut, ditangani oleh UPTD pengelolaan sampah Rancaekek dengan cakupan pelayanan 7 kecamatan yakni Nagreg, Cileunyi, Cilengkrang, Cimenyan, Rancaekek, Cicalengka dan Cikancung. Dengan 24 armada truk berkapasitas 6 kubik, pengangkutan di 7 wilayah tersebut diakui sering terhambat.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x