Pemkot Bandung Adakan Lomba Desain Kang Pisman, Ini Syarat dan Ketentuannya

- 21 Oktober 2021, 19:16 WIB
Lomba desain pengelolaan sampah Kang Pisman Kota Bandung
Lomba desain pengelolaan sampah Kang Pisman Kota Bandung /Dok Humas Bandung.

PRFMNEWS - Pemerintah Kota Bandung mengadakan lomba desain untuk mendukung program pengelolaann sampah 'Kurangi Pisahkan Manfaatkan' atau Kang Pisman.

Lomba ini diadakan Pemkot Bandung dalam tajuk Sayembara Gagasan Desain Fasilitas Olah Sampah Kang Pisman Resik dan Hejo.

Kepala Sub Bagian Penyusunan Program pada Bagian Administrasi Pembangunan Kota Bandung, Elvi Efriani menjelaskan, lomba desain ini sebagai ruang untuk menampung gagasan sekaligus membangun kesadaran mengenai pengelolaan sampah di Kota Bandung.

Seperti diketahui, Pemkot Bandung memiliki program Kurangi Pisahkan Manfaatkan (Kang Pisman) sebagai konsep besar pengelolaan sampah.

Baca Juga: Bandung Diguyur Hujan Lebat, Pohon Tumbang Tutup Jalan di Cimincrang

Kang Pisman kemudian terus berkembang dengan hadirnya Buruan Sehat Alami Ekonomis (SAE) sebagai pengolahan yang terintegrasi dengan bidang lain.

Elvi mengungkapkan, lomba desain ini untuk mendukung program Kang Pisman dari hulu agar kemudian membuat kesan agar pengelolaan sampah lebih baik.

"Sehingga masyarakat semakin tertarik berpartisipasi dalam mengolah sampah secara mandiri. Membuat fasilitas pengolahan sampah, bukan TPS. Pendekatan dengan skala komunal dan langsung terkait dengan kawasannya. Lingkupnya tidak sebesar TPS, tapi pengolahan sampah pada hulunya," paparnya saat ditemui awak media di Balai Kota Bandung, Kamis 21 Oktober 2021.

Lomba desain akan menitikberatkan pada pengolahan sampah organik dengan memuat dua ketegori, yaitu untuk perumahan dan taman. Sebab, kedua tempat tersebut memiliki karakteristik sampah berbeda.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: Humas Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x