Catat Nih Wargi Bandung ! Begini Prosedur Permintaan dan Donor Plasma Konvalesen di PMI Kota Bandung

- 16 Juli 2021, 08:13 WIB
Ilustrasi donor plasma konvalesen
Ilustrasi donor plasma konvalesen /Pixabay



PRFMNEWS - Permintaan plasma konvalesen ke PMI Kota Bandung terus meningkat selama pandemi Covid-19. Plasma konvalesen ini merupakan salah satu metode penyembuhan pasien Covid-19. Terapi plasma ini menjanjikan kesembuhan yang cukup tinggi.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Bandung Uke Muktimanah mengatakan, seseorang yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 bisa mendonorkan plasma konvalesen kepada warga yang membutuhkan.

"Untuk yang donor secara sukarela silakan datang ke kantor PMI Kota Bandung. Ketika datang nanti ada syarat administrasi yang perlu dilengkapi. Setelah itu nanti akan diperiksa oleh dokter. Kalu lolos akan diambil sampel pertama untuk melihat antibodinya. Biasanya diperiksa hari ini, besok hasil pengecekan keluar besoknya. Nanti pasti dikabari oleh petugas," katanya saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jumat 16 Juli 2021.

Baca Juga: Mahfud MD Kritik Alur Cerita Sinetron Ikatan Cinta, Loh Kenapa?

Sementara terkait dengan prosedur permintaan plasma konvalesen, Uke menerangkan jika pemohon wajib membawa surat rujukan dari dokter atau Rumah Sakit.

"Permintaan plasma konvalesen dasarnya harus dari dokter yang merawat di Rumah Sakit. Rumah Sakit yang sudah ada MoU akan mengkonfirmasi ke kami permintaa kebutuh plasma konvalesen," jelasnya.

Baca Juga: 10 Kecamatan Kota Bandung dengan Kasus Positif Covid-19 Terbanyak, Antapani dan Bojongloa Kaler Tembus 400

Adapun jika stok plasma konvalesen tidak ada, pihak PMI akan berkoordinasi dengan pihak Rumah Sakit dan keluarga pemohon untuk dicarikan pendonor.

"Pihak Rumah Sakit akan memerikan info ke keluarga untuk mencari pendonor. Kita juga sama," katanya.

Baca Juga: Sekitar 200 Hewan Kurban di Bandung Tak Layak Jual, Kebanyakan Masih di Bawah Umur

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x