Wakil Ketua DPRD Kota Bandung: Peran Krusial Anak Muda Berantas Hoaks

- 13 Mei 2021, 20:39 WIB
Wakil Ketua II DPRD Kota Bandung, Achmad Nugraha
Wakil Ketua II DPRD Kota Bandung, Achmad Nugraha /Dok DPRD Kota Bandung.

PRFMNEWS - Wakil Ketua II DPRD Kota Bandung Achmad Nugraha bercerita tentang peran krusial anak muda dalam aksi pemberantasan hoaks (kabar bohong).

Dijelaskan Achmad Nugrhara, penyebaran informasi kian bertumbuh dan perkembangannya semakin tak terelakkan di era teknologi saat ini.

Menurutnya, warga Bandung tidak bisa lagi lari dari perkembangan teknologi karena keberadaan alat telekomunikasi dalam genggaman turut memancing bermunculannya informasi di berbagai media sosial.

Baca Juga: Cek di Sini, Kereta Api Daop 2 Bandung yang Masih Beroperasi di Hari Raya Lebaran

Dalam menyikapi penyebaran hoaks di tengah generasi muda, kata Achmad Nugraha, teknologi justru bisa diarahkan menjadi hal baik bagi kita semua, dalam berbagi manfaat informasi. Akan tetapi, saking mudahnya penyebaran pesan bisa memicu munculnya informasi yang tidak sesuai fakta.

“Hal semacam ini bagi anak muda, ya tentunya bagaimana kita dalam menyaring suatu informasi dengan bijak dan benar. Diharapkan tentunya ada satu informasi atau edukasi yang memberikan pendidikan bagi masyarakat,” tuturnya.

Setiap informasi yang diterima dari berbagai kanal, grup percakapan seperti Whatsapp atau laman digital lainnya patut dicermati secara ketat. Seturut derasnya informasi yang nyaris bisa meloloskan fakta palsu, dibutuhkan inisiatif diri untuk melakukan verifikasi dan cek kebenarannya melalui berbagai cara.

Baca Juga: Tercatat Hingga H-1 Lebaran, 512 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

“Dalam upaya mencari tahu benar atau tidaknya suatu berita, saya selalu mencari di kanal berita resmi, atau mencari penjelasan ke teman-teman yang lebih paham terkait persoalan yang muncul di medsos itu,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: DPRD kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x