Damkar Kabupaten Bandung Berharap Tiap 1 Kecamatan Punya 1 Mobil Pemadam

- 3 Maret 2021, 10:59 WIB
Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung
Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bandung /BUDI SATRIA/PRFM


PRFMNEWS - Kepala Dinas Kebakaran Kabupaten Bandung, Sutarno Yono sangat berharap agar nantinya setiap satu kecamatan di Kabupaten Bandung idealnya punya satu mobil pemadam. Hal ini agar bisa mempercepat proses penanganan kebakaran dan kebencanaan.

Saat ini di Kabupaten Bandung baru punya 16 unit mobil dan khusus mobil pancar yang besar baru tersedia di 9 titik pos damkar Kabupaten Bandung.

"Anggaran kami agak terhambat karena untuk beli kendaraan direposisi ke penanganan Pandemi Covid-19, mudah-mudahan kedepan kami inginkan satu kecamatan itu satu kendaraan dan di tingkat provinsi ada Damkar tingkat provinsi," ujar Yono saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Rabu 3 Maret 2021.

Baca Juga: Tugas Damkar Kota Bandung Bukan Hanya Padamkan Api, Juga Bisa Evakuasi Hewan Liar yang Masuk Rumah

Baca Juga: Personel Damkar Jakarta Bantu Evakuasi Headset Milik Warga yang Jatuh ke Gorong-gorong

Selain itu, Yono yang juga Ketua Asosiasi Pemadam Kebakaran Indonesia (Apakari) Jawa Barat mendorong agar setiap kabupaten dan kota di Jabar punya Dinas Pemadam Kebakaran mandiri masing-masing.

"Makanya dengan Permendagri Nomor 16 Tahun 2020 itu kami mendorong kabupaten kota agar punya damkar mandiri," sambungnya.

Pihaknya pun baru saja memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan ke-102 pada Senin 1 Maret 2021. Khusus untuk Damkar Kabupaten Bandung, tahun ini baru menginjak usia 4 tahun karena sebelumnya masih berbentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD).

Baca Juga: Kota Bandung Berhasil Tekan Keterisian Tempat Tidur Pasien Covid-19 di Bawah 60 Persen

Baca Juga: Ridwan Kamil Dukung Uji Klinis Vaksin Rekombinan di Bandung: Lebih Regreug

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x