Pengangguran Dampak Pandemi Mengkhawatirkan, DPRD Harap Pemkot Bandung Cari Solusi

- 27 Februari 2021, 15:50 WIB
Ilustrasi pengangguran
Ilustrasi pengangguran /Pixabay/Lukasbieri



PRFMNEWS - Pengangguran dampak penyebaran pandemi Covid-19 di Kota Bandung cukup mengkhawatirkan.

Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Nunung Nurasiah pun berharap Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bandung dapat menemukan solusi atau terobosan untuk menyelesaikan persoalan pengangguran yang diakibatkan pandemi.

Hal itu mengemuka pada Rapat Kerja Komisi D DPRD Kota Bandung dengan Disnaker Kota Bandung, di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Kota Bandung, Jumat 26 Februari 2021.

“Dengan pandemi Covid-19 ini, maka jumlah pengangguran meningkat, maka perlu ada solusi. Seperti pelatihan atau pendampingan dari Disnaker Kota Bandung,” ujarnya.

Baca Juga: Apa Itu Vaksinasi Gotong Royong? Begini Penjelasan Kemenkes

Baca Juga: Bertanding Malam Ini, Link Streaming Man City vs West Ham Bisa Diakses di Sini

Selain pelatihan untuk meningkatkan keterampilan profesi, juga dapat diberikan pelatihan untuk menjadi UMKM dan membuka lapangan pekerjaan sendiri.

“Tapi setelah pelatihan, perlu dilakukan pendampingan olen Disnaker, sehingga dapat mandiri di tengah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung Heri Hermawan menuturkan, perlu dilakukannya pelatihan keterampilan dan kecakapan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Terlebih dengan tersedianya 78 persen tenaga kerja produktif.

Dengan efek pandemi Covid-19 yang besar, maka perlu ada terobosan atau inovasi dari pemerintah dalam meningkatkan daya serap tenaga kerja Kota Bandung.

“Karena pandemi Covid-19 ini, maka daya serap tenaga kerja turun. Sehingga perlu ada inovasi dan terobosan pada dunia kerja Kota Bandung,” ucapnya.

Baca Juga: Update 27 Februari 2021: Positif Corona di Jabar Capai 209.566, Ada Penambahan 2.314 Kasus dari Kemarin

Baca Juga: Soal Rencana Belajar Tatap Muka Mulai Juli, Dede Yusuf: Harus Lihat Dulu Penyebaran Corona Pasca Vaksinasi

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Kota Bandung, Yoel Yosaphat menambahkan, Pemkot Bandung juga wajib memberikan perhatian kepada penyandang disabilitas, seperti pelatihan maupun akses pada dunia kerja.

“Pelatihan kerja bagi penyandang disabilitas perlu ditingkatkan, serta akses kerja, sehingga dapat lebih mandiri,” katanya.***

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: DPRD kota Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x