Longsor di Gunung Windu Pangalengan Sempat Menyebabkan Dentuman dan Getaran Tanah

- 14 Februari 2021, 17:40 WIB
Ilustrasi Longsor
Ilustrasi Longsor /Pixabay


PRFMNEWS - Peristiwa longsor yang terjadi di Kawah Burung, Gunung Windu, dilaporkan sempat menyebabkan suara dentuman dan getaran tanah pada Sabtu 13 Februari 2021, sekira pukul 22.00 WIB malam kemarin.

Akibat longsor yang terjadi di Gunung Windu, warga yang bermukim Kampung Cipanas, Desa Wanasuka, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, berhamburan keluar rumah.

Warga sempat kebingungan dengan asal suara dentuman dan getaran tanah yang terasa seperti gempa bumi.

Baca Juga: INFO GEMPA TERKINI : Tolitoli Diguncang Gempa Magnitudo 5,5 Sore Ini

Baca Juga: Pengakuan Agensi Buzzer di Kota Bandung, Punya Klien Perusahaan Swasta hingga BUMN

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung, Akhmad Djohara menjelaskan, material batu besar terjatuh ketika peristiwa longsor di Gunung Windu terjadi malam kemarin.

Batu-batu besar tersebut kemudian membentur batu-batu besar di area bawah, sehingga menyebabkan dentuman dan getaran tanah.

Petugas Gabungan saat meninjau langsung lokasi longsor di Kampung Cipanas (Kolam renang Cibolang), Desa Wanasuka, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Petugas Gabungan saat meninjau langsung lokasi longsor di Kampung Cipanas (Kolam renang Cibolang), Desa Wanasuka, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat BPBD Kabupaten Bandung

"Ketika terjadi longsor kemarin, longsor batu besar yang membentur batu besar lalinnya di wilayah bawah. Kemudian jatuh ke kawah. Oleh sebab itu timbul dentuman dan ada percikan api saat kejadian longsor," terang Djohara saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu 14 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x