Resmi! Kota Cimahi Perpanjang PPKM Sampai 8 Februari 2021

- 26 Januari 2021, 12:03 WIB
Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana pada Rapat Evaluasi Pelaksanaan PPKM bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cimahi, di Aula Gedung A Pemerintah Kota Cimahi Jalam Rd Demang Hardjakusumah, Cihanjuang, Kota Cimahi, Senin 25 Januari 2021.
Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana pada Rapat Evaluasi Pelaksanaan PPKM bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cimahi, di Aula Gedung A Pemerintah Kota Cimahi Jalam Rd Demang Hardjakusumah, Cihanjuang, Kota Cimahi, Senin 25 Januari 2021. /IKPS Kota Cimahi

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi secara resmi melanjutkan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kota Cimahi.

PPKM tahap kedua ini diberlakukan mulai hari ini Selasa 26 Januari sampai 8 Februari 2021.

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM di beberapa provinsi dan kota/kabupaten di pulau Jawa dan Bali.

Demikian dia sampaikan pada Rapat Evaluasi Pelaksanaan PPKM bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Cimahi, bertempat di Aula Gedung A Pemerintah Kota Cimahi Jl. Rd. Demang Hardjakusumah, Cihanjuang, Kota Cimahi pada Senin 25 Januari 2021.

Baca Juga: Innalillahi! 42 Santri di Garut Terpapar Corona, Satgas Ungkap Awal Mulanya

 

Baca Juga: Soal Banyaknya Copet di Alun-alun Bandung, Polisi Minta Masyarakat Melapor

Dari hasil evaluasi PPKM pada 11 hingga 25 Januari 2021, diketahui bahwa angka kasus Covid-19 di Kota Cimahi mengalami penurunan.

Hal ini menunjukkan bahwa pelaksanaan PPKM telah memberikan dampak yang positif dalam upaya penanggulangan penularan Covid-19 di Kota Cimahi.

“Alhamdulillah pelaksanaan [PPKM] selama dua minggu di Kota Cimahi hasilnya cukup memuaskan dan signifikan. Yang meninggal selama dua minggu terdapat 5 orang sehingga turun sangat signifikan. Yang aktif juga turun, jadi kira-kira sehari yang sembuh sekitar satu sampai dengan 34 orang,” papar Ngatiyana.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini, Bandung dan Jabar Berpeluang Diguyur Hujan Sore Nanti

“Yang terkonfirmasi 2777 [kasus] tetapi yang sembuh adalah 2137. Nah ini ada penurunan dimana tinggal 400an saja yang masih aktif. Yang diisolasi di rumah sakit tinggal 22 orang yah, sisanya isolasi di rumah. Artinya bahwa penurunan di kota cimahi sangat signifikan,” sambungnya.

Dikatakan Ngatiyana, pada pelaksanaan PPKM tahap kedua nanti, Pemkot Cimahi akan melakukan beberapa penyesuaian terkait hal-hal teknis yang akan diterapkan.

Menurutnya, penyesuaian ini dilakukan semata-mata untuk menjaga keberlangsungan pemulihan ekonomi sekaligus penyesuaian terhadap kapasitas anggaran yang dimiliki oleh Pemkot Cimahi.

Artinya, bukan berarti ketentuan-ketentuan yang diberlakukan PPKM tahap pertama akan dilonggarkan pada tahap kedua nanti.

“Mungkin nanti teknisnya saja kita rubah, mungkin pos-pos nya tetap atau ada perubahan sedikit atau jumlah personilnya yang kita kurangi sehingga mobilitas atau pos-pos mobile di setiap kecamatan atau wilayah tetap diberlakukan," katanya. 

Baca Juga: Kesaksian Warga Soal Copet di Alun-Alun Bandung: Pelaku Bergerombol

Baca Juga: Kasus Corona Aktif Tiga Kecamatan di Kota Bandung Ini Capai 100 Lebih

"Pemeriksaan terhadap orang luar kota yang dating ke Cimahi tetap ada. Selain itu, yang diperbanyak adalah patroli-patroli terhadap kerumunan yang dilakukan oleh masyarakat. Tetapi memang pemulihan ekonomi juga harus imbang yah,” sambung Ngatiyana.

Terakhir, Ngatiyana mengingatkan, keberhasilan pelaksanaan PPKM pada tahap pertama lalu dapat diraih berkat kerjasama antara petugas dengan warga masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya meminta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan PPKM tahap kedua nanti.

“Petugas kenceng dan aktif tetapi kalau masyarakatnya tidak ada timbal baliknya untuk kesadaran disiplinnya, tentunya tidak akan tercapai. Mudah-mudahan dengan keberhasilan pada tahap pertama ini nanti bisa kita tingkatkan lagi di tahap kedua agar peningkatan Covid-19 di Kota Cimahi dapat ditekan semaksimal mungkin. Kita tekan bersama-sama,” pungkasnya.***

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: cimahikota.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x