Saung Angklung Udjo Terancam Tutup, DPRD Tegaskan Akan Cari Solusi

- 23 Januari 2021, 12:40 WIB
Tempat pembuatan angklung yang sepi tanpa pekerja di Saung Angklung Udjo (SAU), Jalan Padasuka, Kota Bandung, Rabu, 20 Januari 2021.
Tempat pembuatan angklung yang sepi tanpa pekerja di Saung Angklung Udjo (SAU), Jalan Padasuka, Kota Bandung, Rabu, 20 Januari 2021. /Pikiran-rakyat.com/Arif Hidayah/

PRFMNEWS – Saung Angklung Udjo dikabarkan berada diambang kebangkrutan setelah dihantam pandemi Covid-19. Tak hanya itu, banyak pelaku seni yang mengeluhkan bahwa pendapatannya berkurang sejak Maret 2020 lalu setelah adanya pandemi.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Bandung Nenden Sukaesih mengaku pihaknya akan mencari jalan keluar agar tak membuat para seniman jatuh dari sisi ekonomi. Ia menjelaskan pihaknya bakal menggelar pertemuan dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

Di samping itu, ia pun mengaku prihatin dengan keadaan Saung Angklung Udjo yang diterpa isu kebangkrutan itu. Sebagai warga setempat, Nenden sangat menyayangkan jika Saung Angklung Udjo harus ditutup.

Baca Juga: Saung Angklung Udjo Diterpa Isu Bangkrut, Pengelolanya Beberkan Kondisi Saat Ini

Baca Juga: Sesar Lembang Sudah Dua Tahun 'Tidur' Bikin BMKG dan Warga Harus Makin Waspada, Kenapa?

“Ada kebijakan yang perlu kita cermati, karena seniman di Kota Bandung itu banyak sekali pasti dia juga kehilangan mata pencaharaian, karena hajatan berkurang. Apalagi kalau kita menyorot ke Saung Angklung Udjo itu sangat disayangkan, karena saya penduduk di situ, saya tahu persis perjuangan dari mulai berdiri sampai sekarang, jadi kami merasa prihatin,” kata dia saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu 23 Januari 2021.

Terkait dengan mekanisme bantuan, Nenden mengaku pihaknya belum bisa memastikan apa bentuk bantuan yang akan diberikan pada pelaku seni tersebut.

“Mereka dapat uang dari orang yang datang, ini yang harus dibicarakan serius. Ini yang akan menjadi pembahasan kami dalam rapat dengan Disbudpar bagaimana bantuan yang tepat untuk disampaikan pada para seniman atau para pelaku seni yang ada di Kota Bandung,” ujarnya.

Baca Juga: 25 Orang Terpapar Corona, Kantor DPRD Kota Bandung Ditutup Hingga 25 Januari

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x