Target Kota Bandung Bebas BAB Sembarangan Tahun Ini Terancam Batal Terwujud

- 28 November 2020, 21:40 WIB
Pemkot Bandung Kejar ODF 100 persen
Pemkot Bandung Kejar ODF 100 persen /dok. humas kota bandung/

PRFMNEWS – Target Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk bebas BAB sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) 100 persen di tahun 2020 diprediksi batal terwujud. Pasalnya, anggaran yang digunakan untuk program prioritas tersebut digunakan untuk penangangan Covid-19.

Ketua Forum Bandung Sehat, Siti Muntamah menyatakan, semula di akhir tahun 2019 tercatat ada 37 persen warga Bandung yang masih BAB sembarangan. Persentase tersebut sempat menurun 5 persen bulan Maret 2020 lalu sebelum Covid-19.

“Itu sudah bagus, kita sudah semangat, tiba-tiba pandemi Covid-19. Kita tidak bisa ngapa-ngapain lagi. Kemudian sampai di AKB bulan Juli, kemudian kita timbang-timbang lagi. Akhirnya kita putuskan bulan September kita kejar lagi,” kata dia saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Sabtu 28 November 2020.

Baca Juga: Alasan Dibalik Anjuran Minum dalam Posisi Duduk

Baca Juga: Tetap Terapkan Protokol Kesehatan! Di Kota Bandung Warganya Diawasi Tim Khusus

Menurutnya, pihaknya saat ini kembali mulai menggencarkan program ODF tersebut. Jadi, setidaknya angka BAB sembarangan di Kota Bandung bisa terus turun.

“Alhamdulillah hari ini sudah mulai bergeliat lagi. Meskipun kita ketahui selama pandemi Covid-19 itu anggaran ada refocusing lebih dari 50 persen. Tentu saja anggaran yang kita harapkan akan mendukung menjadi pondasi dibangunannya septictank komunal atau pribadi ini tentu saja akan cukup terganggu,” tuturnya.

Meskipun demikian, ia pun meminta warga untuk aktif membantu program tersebut.

Baca Juga: Ketimbang Dua Opsi Lain, Gubernur Jabar Ridwan Kamil Pilih Libur Akhir Tahun DipersingkatBaca Juga: PGRI Dukung Kebijakan Pemerintah Izinkan KBM Tatap Muka Dibuka Januari 2021

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x